Leduc 002

Leduc 022 adalah prototipe dari interseptor Prancis bertenaga campuran yang dibangun pada pertengahan 1950-an. Perancang René Leduc telah mengembangkan pesawat bertenaga ramjet sejak sebelum Perang Dunia II dan telah menerbangkan pesawat eksperimental, Leduc 0.10 dan Leduc 0.21 , sepanjang tahun 1950-an sebelum dianugrahi kontrak untuk dua contoh pencegat supersonik jarak. dipersenjatai dengan dua rudal udara-ke-udara (AAM).

Ditujukan untuk penggunaan tempur, 022 mampu lepas landas dari landasan pacu karena dilengkapi dengan mesin turbojet tambahan , tidak seperti pesawat sebelumnya yang membutuhkan pesawat induk untuk menunjukkan ketinggian karena ramjet tidak dapat menghasilkan daya dorong saat diam. Pengembangan dibatalkan oleh Angkatan Udara Prancis (Armée de l'Air) pada tahun 1958 karena masalah anggaran saat pengujian penerbangan sedang berlangsung dan sebelum prototipe kedua selesai.

Latar belakang dan deskripsiSunting

Pada tahun 1953 Angkatan Udara Prancis mengeluarkan spesifikasi untuk pencegat yang dapat mencegat dan menghancurkan segala ancaman udara setelah lepas landas dari landasan pacu sepanjang 940 meter (3.080 kaki). Mereka memesan dua prototipe pesawat 022S untuk bersaing denganNord GerfautdanGriffon. Leduc menggunakan versi ramjet yang lebih bertenaga yang telah ia kembangkan sejak 1938 dan menambahkan turbojet untuk memungkinkan operasi yang lebih otonom. Udara untuk ramjet disediakan oleh enam saluran udara yang mengelilingi bagian hidung yang dikosongkan ke interior beronggabadan pesawatberdinding ganda tempat bahan bakar disuntikkan dan dinyalakan oleh knalpot turbin gasTurbomeca Artouste . Ramjet diharapkan menghasilkan daya dorong 160kilonewtons(36.000  lb f) dan waktu untuk mencapai 25.000 meter (82.000 kaki) hanya dalam tujuh menit, kecepatan pendakian jauh lebih cepat daripada kecepatan jet. [1] [2]

022S secara umum memiliki konfigurasi yang serupa dengansayap menyapu30 ° danroda pendarat roda tiga.Itu mempertahankan badan pesawat monocoquetebal seperti laras dan bagian hidung yang menonjol menampung kokpitPlexiglass transparan, tetapi menambahkan jangkauan radar khusus . Bagian depan hidung membentuk pelarian untuk pilot. Pesawat ini dilengkapi dengan sekitar 2.728 liter (600 imp gal; 721 US gal) bahan bakar yang didistribusikan antara ujung badan pesawat, sayap dan tangkis sayap . Persenjataan yang terdiri dari pasangan Nord AA.20peluru kendali dan 24 roket antipesawat. Tidak seperti semua pesawat Leduc sebelumnya, ia menampilkan pembangkit listrik turbojet-ramjet koaksial untuk mendukung operasi tanpa bantuan. Turbojet awalnya adalah mesin 15 kN (3.400 lb f )Turbomeca Ossau, tetapi ini diubah selama konstruksi menjadi SNECMA Atar 101 D-3 31,3 kN (7.000 lb f ) yang jauh lebih kuat. [2] [3]

Perubahan ini menyebabkan pesawat yang dirancang ulang menjadi 022 dan memungkinkan jumlah roket ditingkatkan menjadi 40. Pertama kali diterbangkan pada 26 Desember 1956 dengan tenaga turbojet saja, ramjet akhirnya ditembakkan pada penerbangan ke-34, pada 18 Mei 1957. mencapai kecepatanMach1,15 pada 21 Desember 1957, tetapi rusak tak lama kemudian ketika terbakar saat lepas landas. Konstruksi prototipe kedua telah dibatalkan pada bulan Oktober dan kontrak pengujian dibatalkan pada 13 Februari 1958 setelah 141 penerbangan telah dilakukan.Perang Aljazairyang sedang berlangsung lebih banyak anggaran militer danDassault Mirage IIIyang lebih konvensional dipilih untuk memenuhi persyaratan pencegat. Pembatalan tersebut berakhirnya kegiatan pengembangan pesawat Leduc. [4]

Komentar

Populer