avricar




Avrocar adalah hasil dari upaya Kanada untuk mengembangkan pesawat pembom tempur supersonik, lepas landas dan mendarat vertikal (VTOL) pada awal 1950-an.  Namun, bentuknya yang melingkar membuatnya tampak seperti "piring terbang" dari film-film fiksi ilmiah pada masa itu.

AV Roe (Avro) Aircraft Limited (kemudian Avro Canada) mendasarkan konsep desainnya untuk Avrocar pada penggunaan knalpot dari mesin turbojet untuk menggerakkan "turborotor" melingkar yang menghasilkan daya dorong.  Dengan mengarahkan dorongan ini ke bawah, turborotor akan menciptakan bantalan udara (juga dikenal sebagai "efek tanah") di mana pesawat akan mengapung di ketinggian rendah.  Ketika dorongan diarahkan ke belakang, pesawat akan berakselerasi dan mendapatkan ketinggian.

Pada tahun 1952, pemerintah Kanada menyediakan dana awal tetapi membatalkan proyek ketika menjadi terlalu mahal.  Avro menawarkan proyek tersebut kepada pemerintah AS, dan Angkatan Darat AS dan Angkatan Udara AS mengambil alih pada tahun 1958.  Setiap layanan memiliki persyaratan yang berbeda: Angkatan Darat ingin menggunakannya sebagai subsonik, transportasi pasukan segala medan dan pesawat pengintai, tetapi USAF menginginkan pesawat VTOL yang bisa melayang-layang di bawah radar musuh kemudian memperbesar hingga kecepatan supersonik.  Perancang Avro percaya bahwa mereka dapat memenuhi kedua layanan tersebut, tetapi kedua rangkaian persyaratan ini terlalu berbeda.

Data penelitian awalnya menunjukkan bahwa sayap melingkar mungkin memenuhi persyaratan Angkatan Darat dan Angkatan Udara, dan Avro membangun dua kendaraan uji kecil untuk membuktikan konsep tersebut.  Ditunjuk sebagai VZ-9AV Avrocar (“VZ” berarti “penerbangan vertikal eksperimental”, “9” untuk proposal konsep kesembilan, dan “AV” untuk Avro).

Pengujian dengan model skala di Wright-Patterson AFB, Ohio, menunjukkan bahwa bantalan udara di bawah Avrocar akan menjadi tidak stabil hanya beberapa meter dari tanah.  Pesawat tidak akan mampu mencapai kecepatan supersonik, tetapi pengujian terus dilakukan untuk menentukan apakah pesawat yang cocok dapat dikembangkan untuk Angkatan Darat.  Prototipe pertama - Avrocar yang dipamerkan (nomor seri 58-7055) - dikirim ke Pusat Penelitian Ames Administrasi Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) di Moffett Field, California. Di sana, tes terowongan angin membuktikan bahwa pesawat tidak mencukupi. kontrol untuk penerbangan kecepatan tinggi dan aerodinamis tidak stabil.

Prototipe Avrocar kedua menjalani uji terbang yang memvalidasi uji terowongan angin.  Jika terbang lebih dari tiga kaki di atas tanah, Avrocar menampilkan gerakan pitch and roll yang tidak terkendali, yang disebut oleh para insinyur Avro sebagai "dobcapping".  Avrocar hanya bisa mencapai kecepatan maksimum 35 mph, dan semua upaya untuk mengakhiri dop tersebut gagal.  Proyek ini dibatalkan pada bulan Desember 1961.

Pesawat prototipe kedua pergi ke Museum Transportasi Angkatan Darat AS di Fort Eustis, Va., dan prototipe pertama Avrocar datang ke Museum Nasional Angkatan Udara AS pada tahun 2007.

CATATAN TEKNIS: Kru: Dua Mesin: Tiga turbojet Continental
J69 -T9 dengan bobot 927 lbs. dorong setiap Lebar Sayap: 18 kaki Tinggi: 4 kaki, 10 inci Berat:  4.620 lbs. kosong 




Komentar

Populer