RUTAN VOYAGER



Pesawat ini pertama kali dibayangkan oleh Burt Rutan dan saudara laki-laki Burt, Dick Rutan pada tahun 1980. [2] Burt membuat sketsa konsep pesawat untuk Dick dan Jeana Yeager saat makan siang pada tahun 1981. [3] Idenya dibuat di belakang sebuah serbet. Voyager dibangun di Mojave, California selama periode lima tahun, terutama oleh para sukarelawan yang bekerja di bawah Rutan Aircraft Factory dan sebuah organisasi bernama Voyager Aircraft. Burt Rutan menjabat sebagai desainer utama untuk proyek tersebut.

Badan pesawat yang terbuat dari fiberglass , serat karbon , dan Kevlar memiliki berat 939 pon (426 kg) saat kosong. Dengan mesin yang disertakan, berat pesawat tanpa muatan adalah 2.250 pon (1.020 kg). Namun, ketika dimuat penuh sebelum penerbangan bersejarah, beratnya 9.694,5 pon (4.397,4 kg) karena jumlah bahan bakar yang dibutuhkan untuk penerbangan jarak jauh. [4] Pesawat memiliki perkiraan rasio lift-to-drag (L/D) 27. [5] Airfoil canard dan sayap dirancang khusus, dan pesawat dianalisis menggunakan dinamika fluida komputasional . [6] Generator pusaranditambahkan ke canard untuk mengurangi kepekaan terhadap kontaminasi permukaan oleh hujan. [7]

Voyager memiliki baling-baling depan dan belakang, ditenagai oleh mesin terpisah . Ini awalnya diterbangkan pada 22 Juni 1984, didukung oleh mesin Lycoming O-235 dengan baling-baling fixed-pitch. [8] Pada bulan November 1985, pesawat diluncurkan, dilengkapi dengan mesin penerbangan dunia, Teledyne Continental O-240 berpendingin udara di lokasi depan dan Teledyne Continental IOL-200 berpendingin cairan di lokasi belakang. [9] Keduanya pertama-tama dilengkapi dengan MT-Propeller yang digerakkan secara elektrik dengan pitch variabel . [10] Rencananya, mesin belakang akan dioperasikan sepanjang penerbangan. Mesin depan dimaksudkan untuk memberikan tenaga tambahan untuk lepas landas dan bagian awal penerbangan di bawah beban berat.

Pada tanggal 15 Juli 1986, Dick Rutan dan Yeager menyelesaikan uji terbang di lepas pantai California, di mana mereka terbang selama 111 jam 44 menit, menempuh jarak 11.857 statuta mil (19.082 km) di dua puluh sirkuit antara San Luis Obispo dan Stewarts Point, California , [11] [12] memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang sejak 28 Mei 1931 oleh Bellanca CH-300 yang dilengkapi dengan Packard DR-980mesin diesel, dikemudikan oleh Walter Edwin Lees dan Frederic Brossy yang telah memecahkan rekor dengan tetap terbang selama 84 jam dan 32 menit tanpa mengisi bahan bakar. Upaya pertama pada penerbangan uji Voyager telah dirusak oleh kegagalan motor penggerak baling-baling dan pendaratan darurat di Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg . [13] Pada penerbangan uji pada tanggal 29 September 1986, pesawat harus melakukan pendaratan darurat karena bilah baling-baling meninggalkan pesawat. [14] Akibatnya, keputusan dibuat untuk beralih ke baling-baling aluminium Hartzell yang digerakkan secara hidrolik. [15] Dalam program kecelakaan, Hartzell membuat baling-baling khusus untuk pesawat, yang pertama kali diterbangkan pada 15 November 1986.




Komentar

Populer